Sunday, March 10, 2013

TODAY, March 11 – Beware in Judging Others


Beware in Judging Others

Once I’ve told in a branded boutique which sells branded bags and such…
A couple came and get ignored, they thought they don’t have enough money to buy those luxurious things…
And a second couple, look like people of wealth came and they got a first priority service…
How people judge others easily only by looks!

How about us?
Let say somebody comes to us wearing fine clothes and the other one comes to us wearing filthy clothes. Can we still be able not to show favouritism and act wisely towards these two people?

As people of faith, we need to learn in this matter.
At least, don’t judge others easily. Everyone we meet is a person that we should respect, despite their looks or appearance.

Never judge others too easily because we also don’t like to be judged easily either.
(-fon-)

My brothers and sisters, believers in our glorious Lord Jesus Christ must not show favoritism.Suppose a man comes into your meeting wearing a gold ring and fine clothes, and a poor man in filthy old clothes also comes in. If you show special attention to the man wearing fine clothes and say, “Here’s a good seat for you,” but say to the poor man, “You stand there” or “Sit on the floor by my feet,” have you not discriminated among yourselves and become judges with evil thoughts?
--- James 2:1-4

Hati-Hati Kala Menghakimi Orang Lain

Suatu ketika, saya pernah diberitahu bahwa di sebuah butik bermerek yang menjual tas bermerek dan lainnya…
Sepasang suami dan istri masuk dan tidak begitu dipedulikan karena para penjaga toko mengira mereka tak punya cukup uang untuk membeli barang-barang mewah itu…
Dan pasangan kedua masuk, kelihatannya seperti orang kaya dan mereka mendapatkan pelayanan kelas satu.
Betapa mudahnya orang menilai orang lain hanya berdasarkan penampilannya saja!

Bagaimana dengan kita?
Misalkan seseorang datang kepada kita memakai pakaian mewah dan yang lainnya memakai pakaian kotor. Masihkah kita bisa tidak ‘memandang muka’ dan bertindak bijaksana kepada dua orang ini?

Sebagai orang-orang beriman, hendaknya kita belajar akan hal ini…
Setidaknya, kita jangan sampai terlalu mudah menghakimi orang lain…
Setiap orang yang kita temui adalah orang yang hendaknya kita hargai, tidak hanya tergantung wajah atau penampilan mereka saja…

Jangan pernah menghakimi dengan mudahnya karena kita pun tak pernah suka dihakimi sedemikian rupa. (-fon-)

Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia,  janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka  . 2:2Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk, 2:3 dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!", bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim  dengan pikiran yang jahat?
--- Yakobus 2:1-4

No comments: