Sunday, May 8, 2016

TODAY, 8 Mei: On Mother's Day

On Mother's Day 

Di Hari Ibu yang diperingati setiap hari Minggu pertama bulan Mei di Singapura dan di beberapa negara lainnya di dunia, selalu ada rasa yang bercampur-aduk di dada.
Yang dominan tentunya rasa haru dan bahagia.
Kami menghadiri Misa di Gereja Saint Mary of the Angels (SMOTA) di kawasan Bukit Batok.
Ada doa yang dipanjatkan oleh Pastor untuk para ibu di bagian akhir Misa. 
Kami semua, para Ibu yang hadir, diminta maju mendekati altar dan didoakan.
Anak-anak sebagian ikut ibunya, namun anak-anak kami duduk di tempat mereka.
Menarik menyaksikan itu semua, terlebih lagi merasakan rahmat kasih karunia Allah atas peranan Ibu yang Dia percayakan kepada kita-juga kepada saya.

Terbayang lagi satu per satu lembaran bersama anak-anak kami...
Dari kecil, kebanyakan saya mengurusi sendiri, kecuali saat di Ho Chi Minh City...
Saya punya 'part-time nanny' yang bekerja dari pagi sampai sore.
Bukan pekerjaan mudah, namun sungguh merupakan peran yang takkan pernah bisa tergantikan dengan apa pun.
Saya merasa bersyukur atas semuanya.
Atas anak-anak lucu yang dikaruniakan-Nya kepada kami.
Atas pembelajaran hari lepas hari yang tidak selalu mudah atau mulus, namun menjadikan kehidupan saya pribadi lebih berarti.
Saya belajar untuk tidak lagi 'selfish' dan memikirkan kepentingan diri sendiri saja...
Namun juga menempatkan kepentingan anak-anak yang juga merupakan tanggung jawab saya dan suami.
Mendidik anak, tidak pernah merupakan pekerjaan yang mudah.
Melahirkan saja sudah merupakan sesuatu yang tidak mudah, namun mendidik mereka menjadi anak-anak yang berbakti, berguna bagi masyarakat dan negara, serta menjadi orang-orang yang tegar di dalam iman, tentunya merupakan perjuangan tersendiri.

Saya bisa berdiri sampai hari ini, karena kasih Allah melalui kedua orangtua saya.
Syukur dan pujian serta hormat setinggi-tingginya bagi Ibu saya, orang yang melahirkan saya ke dunia ini.
I'm thankful for you, Mom! And I Thank God for you...
Semoga aku bisa menjadi Ibu yang baik bagi anak-anakku, walaupun di tengah segala ketidaksempurnaanku.
Doa yang sama bagi segenap Ibu di mana pun Anda berada.
God bless us all! Tuhan berkati kita semua.

(-fon-)

Hai anakku,  peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.
--- Amsal 6:20

No comments: