Sunday, May 15, 2016

TODAY, 15 Mei 2016: Recipere Deum dan Capax Dei

TODAY, 15 Mei 2016 

Recipere Deum dan Capax Dei

The word of God, especially in today’s readings, tells us that the Spirit is at work in individuals and communities filled with himself; the Spirit makes them capable of recipere Deum [receiving God], capax Dei [with the capacity for God], as the holy Church Fathers say. (Pope Francis Homily, Pentacost 2015)

Paus Fransiskus dalam homilinya di Pentakosta tahun 2015 yang lalu mengingatkan kembali bahwa Para Bapa Gereja menjelaskan bahwa Roh Kudus itu bekerja di dalam perorangan dan komunitas yang dipenuhi dirinya; Roh Kudus memampukan mereka untuk menerima Allah (Recipere Deum) dan diberi kemampuan untuk melakukan karya-karya Allah (Capax Dei).

Sekali lagi, bukan karena kemampuan kita pribadi, namun karena kebaikan Allah melalui bimbingan Roh Kudus-Nya jika kita mampu mengembangkan segala talenta yang ada di diri secara maksimal...
Segalanya itu untuk sebesar-besarnya kerajaan Allah dan bukan untuk pujian atau dikagumi oleh manusia.
Setelah Yesus pergi, Dia mengirimkan Roh Penghibur, Roh Kebenaran, yang menuntun setiap kita untuk kembali kepada-Nya...
Entah itu rasa bersalah ketika kita melakukan suatu hal yang bertentangan dengan jalan-Nya...
Entah itu kebaikan yang mengalir tanpa memperhitungkan untung-ruginya...
Buah-buah Roh semoga tetap mengalir di hidup kita.
Semoga kita senantiasa dimampukan untuk menerima Allah dan diberi kekuatan untuk melakukan karya-karya-Nya.
Selamat Hari  Raya Pentakosta!
(-fon-)/ 

Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu!  Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata:"Terimalah Roh Kudus.
--- Yohanes 20:21-22

No comments: