Wednesday, May 25, 2016

TODAY, 26 Mei 2016: Awasilah Lidahmu!

TODAY, 26 Mei 2016

 Awasilah Lidahmu!

Semalam, saat mempersiapkan TODAY untuk hari ini, saya membaca ayat-ayat dari Kitab Deuterokanonika dan saya mulai dari Kitab Kebijaksanaan Salomo.
Membaca ayat demi ayat, lalu terpaku pada Keb 1 ayat 11 ini:

Jadi, waspadalah terhadap gerutu yang sia-sia, dan awasilah lidahmu agar jangan memfitnah.
Karena omongan tersembunyi pun  pasti ada akibatnya, dan mulut yang berdusta mematikan orang.
--- Keb 1:11

Kita terkadang tidak bermaksug bergosip.
Namun, ada kalanya itu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang saat mempergunjingkan orang yang kita kenal.
Begitu asyiknya, terkadang sampai banyak bumbu-bumbu penyedap yang dimasukkan ke acara pergosipan itu.
Sehingga, berita tambah simpang-siur tanpa kita ketahui kebenarannya.
Meskipun bergosip mungkin mengasyikkan bagi banyak orang, namun tiap kali saya pun bertanya pada diri sendiri: jika saya yang berada pada posisinya, akankah saya senang?
Jika kita yang digosipkan, bisakah kita menerimanya?
Atau malahan kita menjadi marah, bahkan sakit hati karenanya?

Ada pepatah yang bilang, "Perlakukan orang lain, sebagaimana kamu ingin diperlakukan."
Mari kita semakin mawas diri dalam hal ini.
Awasi lidah, jangan memfitnah.
Pergunakan seluruh anggota tubuh kita, termasuk mulut dan lidah untuk menyebarkan kebaikan dan kasih Allah dan bukan sebaliknya.
Semoga secara berproses kita menjadi lebih baik dalam pengendalian diri.
(-fon-)

No comments: