Friday, December 3, 2021

TODAY, 3 Desember 2021 Orang Sabar Besar Pengertiannya

 TODAY, 3 Desember 2021

 

Orang Sabar Besar Pengertiannya

 

Orang yang sabar besar pengertiannya,  tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.

--- Amsal 14:29

 

Orang bijaksana tidak cepat marah; orang bodoh tidak dapat menahan dirinya.

--- Amsal 14:29(BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Orang sabar besar pengertiannya.

Ya, hanya orang-orang yang bijaksana yang tidak cepat naik pitam.

Orang yang kurang bijaksana, tidak dapat menahan dirinya.

Mudah mungkin untuk mengatakan hal ini.

Tapi praktiknya? Tunggu dulu.

 

Sangat tidak mudah menjadi orang selalu pengertian.

Apalagi orang yang menahan amarah.

Tambah sulit juga.

Saya tetap belajar dan masih terus belajar sampai detik ini.

Karena kemarahan yang terlalu berlebihan, pada akhirnya kurang baik juga bagi diri sendiri.

Kesehatan menjadi terganggu, darah tinggi dan sebagainya.

 

Sebaliknya, kemarahan terpendam juga tidak sehat juga.

Lalu, bagaimana sebaiknya?
Terus belajar untuk mengkomunikasikan kemarahan dengan baik.

Jika tidak ada sarana yang tepat, terkadang saya menuliskannya.

Karena saya cenderung introvert, tidak selalu bisa bicara saat marah.

Dengan bantuan Tuhan, saya lalu menemukan melalui diary saya itu.

Kemarahan-kemarahan yang mungkin sudah lama terpendam dan mohon tuntunan Tuhan untuk sembuh.

 

Terus belajar untuk mengendalikan diri lebih baik lagi.

Karena amarah yang membludak terkadang berujung penyesalan.

Tuhan, bantulah kami…

Amin!

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: