Sunday, October 16, 2016

TODAY, 16 Oktober : Kerinduan Akan Allah

TODAY, 16 Oktober 

Kerinduan Akan Allah

Drama Korea Moonlight Drawn By Clouds yang judul lainnya adalah Love in the Moonlight tengah memberikan kesuksesan luar biasa terutama bagi pemeran prianya Park Bo Gum. Di drama tersebut Park Bo Gum berperan sebagai Putera Mahkota Hyomyeong (Lee Young). Di episode ke-12, Lee Young berkata kepada Ra-On yang diperankan oleh Kim You-Jung : "If you're happy, I'm happy."
Kebahagiaan orang yang dicintai, membawa kebahagiaan bagi diriya.
Ini sangat umum terhadap anak kita, pasangan kita, sahabat sejati kita tentunya.
Tidak malah berbahagia di atas penderitaan orang lain atau tertawa sinis atas keperihan yang dialami sesama kita.

Bahagia.
Berbicara mengenai kebahagiaan, rasanya itu seumur hidup senantiasa dicari oleh manusia.
Saat belum punya apa-apa, banyak orang kemudian berlomba-lomba untuk mencapai apa yang mereka pikir bisa membuat mereka bahagia.
Mungkin uang, kedudukan, kekayaan, ketenaran, kepandaian, keindahan ragawi sehingga mau melakukan apa saja untuk memperindah fisik- termasuk operasi plastik misalnya.
Namun selanjutnya: apakah itu semua membawa kebahagiaan pada akhirnya?
Ataukah setelah mencapainya kemudian perasaan itu hadir lagi: hampa, kosong, setelah mencapai segala sesuatunya malah ketidakpuasan semakin menjadi-jadi.


Dalam Katekismus Gereja Katolik (KGK) no.27, kita bisa melihat bahwa pada akhirnya hanya di dalam Allah, manusia dapat menemukan kebenaran dan kebahagiaan yang dicarinya terus menerus. Lengkapnya sebagai berikut:
Kerinduan akan Allah sudah terukir dalam hati manusia karena manusia diciptakan oleh Allah dan untuk Allah. Allah tidak henti-hentinya menarik dia kepada diri-Nya. Hanya dalam Allah manusia dapat menemukan kebenaran dan kebahagiaan yang dicarinya terus-menerus:
"Makna paling luhur martabat manusia terletak pada panggilannya untuk memasuki persekutuan dengan Allah. Sudah sejak asal mulanya manusia diundang untuk berwawancara dengan Allah. Sebab manusia hanyalah hidup, karena ia diciptakan oleh Allah dalam cinta kasih-Nya, dan lestari hidup berkat cinta kasih-Nya. Dan manusia tidak sepenuhnya hidup menurut kebenaran, bila ia tidak dengan sukarela mengakui cinta kasih itu, serta menyerahkan diri kepada Penciptanya" (GS 19,1). - Katekismus Gereja Katolik (KGK) no. 27.

Kerinduan dan kehausan di jiwa hanya bisa dipenuhi dalam Allah.
Mari mencari wajah-Nya dan menemukan arti hidup ini.
Semoga bahagia dan sukacita di dalam Dia memenuhi hari-hari kita.
(-fon-)/ Fonny Jodikin

Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu,  tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus,  sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu.
--- Mazmur 63:1-3

No comments: