Monday, September 19, 2016

TODAY, 19 September: Berdamai Dengan Masa Lalu

TODAY, 19 September

Berdamai Dengan Masa Lalu

Belakangan ini sering kita baca dan dengar tentang tagar (hashtag) #berdamai dengan masa lalu.
Terlepas dari ini membicarakan siapa atau soalan apa, hari ini tidak akan saya angkat di sini...
Karena saya kira, esensinya lebih penting dari sekadar gosipnya.

Setiap dari kita punya masa lalu.
Beberapa dari kita punya saat-saat gemilang di masa lalu...
Namun saya kira, banyak dari kita punya masa lalu yang gelap, suram, dan mengecewakan...
Masa lalu sudah berlalu...
Tidak baik juga, jika kita terus menyesalinya...
Yang terbaik dan bijaksana tentunya: mengambil hikmahnya...
Belajar dari kesalahan di masa lalu, untuk kemudian melangkah maju...

Alkitab mengingatkan kita untuk mengarahkan diri kepada apa yang ada di depan kita...
Belajar 'move on' dari masa lalu...
Belajar mengampuni diri sendiri, meskipun itu tidak mudah...
Belajar menerima bahwa itulah proses yang harus kita jalani...
Belajar melihat bahwa di tengah kegagalan atau kekelaman itu pun, Tuhan ada di situ dan Dia sedang menopang kita...
Dia tidak meninggalkan kita sendirian...
Untuk kemudian berlari menggapai tujuan...
Pangilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Belajar bijaksana menyikapi masa lalu kita...
Tetap berharap di dalam iman untuk masa depan yang cerah...
Di dalam Allah, sumber segala harapan kita.
Dia pemegang rancangan sempurna kehidupan kita.
(-fon-)/Fonny Jodikin

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, 3:14 dan berlari-lari  kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan  sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
--- Filipi 3:13-14

No comments: