Wednesday, May 16, 2012

TOTD, May 17 – Revenge Vs Forgiveness


Revenge Vs Forgiveness

I’ve been watching this series’ trailer in Starworld for quite some time.  But since recently I’m quite occupied with many things, I didn’t have much time to watch it. But it’s kind of interesting for me. Finally, yesterday, I’ve started to watch Revenge the series online. The series started with these sentences:

"When I was a little girl, my understanding of revenge was as simple as the Sunday school proverbs it hid behind. Neat little morality slogans like 'do unto others' and 'two wrongs don't make a right... When everything you love has been stolen for you, sometimes all you have left is revenge… This is not a story about forgiveness.” (Revenge’s Series Quotes, starred: Emily VanCamp as Emily Thorne/Amanda Clarke)

Maybe the hurt is too deep. Maybe it’s an unforgiveable mistake from others. But, if we’re not forgiving, the one who suffers is not anybody else, but ourselves. In God we believe that with His love, even the deepest hurt can be healed. As long as we’re willing to forgive, with His help and some process, we’ll be able to look back and say: Yes, I was hurt, but Jesus was with me at that time. He hugged me, I wasn’t alone when that thing happened. With Jesus by my side, He’ll make me able to forgive myself, to forgive others. With Jesus, I do believe that forgiveness is always possible. (-fon-)

 “‘Do not seek revenge or bear a grudge against anyone among your people,  but love your neighbour  as yourself. I am the Lord.
--- Leviticus 19:18

Dendam Vs Pengampunan

Sudah beberapa saat lamanya saya melihat cuplikan serial TV ini di Starworld. Tetapi, karena akhir-akhir ini cukup disibukkan dengan beberapa hal, saya tidak punya cukup waktu untuk menontonnya. Tetapi, film ini cukup menarik hati saya. Akhirnya, kemarin, saya berkesempatan memulai nonton serial Revenge ini secara online. Serial ini dimulai dengan kalimat-kalimat sbb:

“ Ketika aku masih seorang anak kecil, pengertianku akan balas dendam adalah sesederhana pepatah di sekolah minggu. Slogan-slogan moral yang rapi seperti lakukan kepada orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan atau jika dua pihak salah, tidak akan menghasilkan sesuatu yang benar… Ketika semua yang kaucintai sudah dicuri dari hidupmu, terkadang yang tersisa hanyalah dendam... Ini bukan kisah tentang pengampunan.” (Kutipan dari Serial Revenge yang dibintangi olehEmily VanCamp sebagai Emily Thorne/Amanda Clarke)

Mungkin luka itu teramat dalam. Mungkin itu adalah sebuah kesalahan dari pihak lain yang tak termaafkan. Tetapi, jika kita tidak mengampuni, yang menderita bukanlah orang lain, melainkan diri kita sendiri. Di dalam Tuhan, kita percaya bahwa dengan kasih-Nya, bahkan luka yang paling dalam sekalipun bisa disembuhkan. Selama kita mau mengampuni, dengan bantuan-Nya dan melalui sejumlah proses, kita akan bisa menoleh ke belakang dan berkata: “ Ya, saya pernah terluka. Tetapi, Yesus bersama saya ketika itu dan Dia memeluk saya. Saya tidak sendirian ketika hal itu terjadi. Bersama Yesus di sisiku, Dia akan memampukan saya untuk mengampuni diriku sendiri, mengampuni orang lain. Di dalam Yesus, saya percaya bahwa pengampunan adalah sesuatu hal yang selalu mungkin. (-fon-)

Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.
--- Imamat 19:18

No comments: