Saturday, August 21, 2021

TODAY, 21 Agustus 2021 Hidup Menurut Jalan Yang Ditunjukkan-Nya

 TODAY, 21 Agustus 2021

 

Hidup Menurut Jalan Yang Ditunjukkan-Nya

 

Perikop ini berjudul:

Pesan Daud yang terakhir sebelum meninggal.

Biasanya, pesan sebelum meninggal adalah hal yang penting, kalau tidak bisa dikatakan sebagai yang terpenting dalam hidup.

Saat kematian Daud mendekat, inilah pesannya kepada Salomo-anaknya….

 

Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya: 2:2 "Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana,  maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki. 2:3 Lakukanlah  kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung  dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, 2:4 dan supaya TUHAN menepati janji  yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia,  dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel. 

--- 1 Raja-raja 2:1-4

 

Intinya adalah:

·       Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan Allahmu.

·       Hidup menurut jalan yang ditunjukan-Nya.

·       Dengan setia mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya.

 

Petuah terakhir tetaplah memegang peranan terpenting.

Saat Papa saya meninggal, yang saya ingat adalah pesan-pesan terpentingnya bagi saya.

Bukan saat terakhir, karena saya tengah berada di Jakarta (kuliah) sementara Papa saya meninggal di Palembang.

Tetapi setiap petuah, pesan, arahan hidup yang baik yang pernah diberikannya semasa hidup….
Tetap saya kenang sampai hari ini.

 

Sebagaimana Daud berpesan kepada Salomo….

Mari kita pun mengingat hal-hal yang disampaikannya.

Sehingga apa pun keadaannya, kita tetap setia hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: