Tuesday, April 7, 2020

TODAY, 7 April 2020: Adakah Kamu Sungguh-Sungguh Berpuasa Untuk Aku?

TODAY, 7 April 2020: 

Adakah Kamu Sungguh-Sungguh Berpuasa Untuk Aku?

Sebentar lagi, kita akan mengakhiri rangkaian pantang dan puasa di Masa Prapaskah.
Meskipun keadaan tengah berbeda, karena kita diharuskan Misa Online...
Semoga itu tidak terlalu mengurangi kesakralan dan terutama fokus kita kepada Allah melalui sakramen-Nya.

"Katakanlah kepada seluruh rakyat negeri dan kepada para imam, demikian: Ketika kamu berpuasa  dan meratap dalam bulan yang kelima dan yang ketujuh selama tujuh puluh tahun  ini, adakah kamu sungguh-sungguh berpuasa untuk Aku? Dan ketika kamu makan dan ketika kamu minum, bukankah kamu makan dan minum untuk dirimu sendiri?
--- Zakaria 7:5-6

Ketika kamu berpuasa...
Adakah kamu sungguh-sungguh berpuasa untuk aku?

Pertanyaan ini sedikit banyak membuat saya berhenti sejenak.
Lalu berpikir...
Adakah saya sudah sungguh-sungguh berpuasa untuk Tuhan?
Mungkin sedikit sekali...
Mungkin tidak...
Mungkin ada...
Entahlah...
Hanya setiap pribadi dan Tuhan yang tahu, apa yang kita relakan saat pantang dan puasa ini...
Dan pantang itu tidak dibatasi hanya tertentu saja...

Tidak harus melulu tentang makanan, minuman, pantang ini dan itu...
Melainkan juga pantangan emosional semisal...
Mengurangi marah, memaki, atau sakit hati...
Menjadi pribadi yang lebih welas asih dan lebih mengasihi di dalam Kristus...

Dalam kedagingan manusia...
Memang masih begitu banyak kekurangan kita...
Tetapi, semoga Roh Kudus menuntun kita...

Agar Roh Tuhan bertakhtah di diri kita masing-masing...
Dan semoga di beberapa hari ke depan...
Kita bisa sungguh-sungguh mempersembahkan puasa dan pantang kita...
Untuk DIA...
Dan terus kita lanjutkan di hari-hari yang masih DIA percayakan kepada kita...
Untuk menjadi hamba-Nya yang terus berupaya lebih baik lagi di dalam Kristus.
Amin.
(-fon-)/ Fonny Jodikin

No comments: