Sunday, April 5, 2020

TODAY, 5 April 2020: Menyangkal Diri

TODAY, 5 April 2020: 

Menyangkal Diri

Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya  dan mengikut Aku.
--- Markus 8:34

Setiap orang yang mau mengikuti-Nya...
Harus menyangkal diri...

Memikul salib...
Dan mengikuti-Nya.

Menyangkal diri senada dengan melupakan kepentingannya sendiri (berdasarkan versi BIS).
Ini mengingatkan saya bahwa betapa sering kita terus menempatkan diri sebagai pusat segala sesuatunya.
Dunia ini adalah tentang saya.
Dan hanya saya...
Hanya pendapat saya yang benar, hanya saya yang paling baik...
Dan sebagainya.
Dan seterusnya.

Cobalah keluar sejenak dari keakuan dan egoisme di diri...
Dan melongoklah ke orang-orang di sekitar kita...
Apalagi dengan keadaan dunia yang berubah cepat akhir-akhir ini...

Hendaknya narsisme dan 'self-centeredness' dijauhkan dari diri kita.
Diri sendiri penting, tetapi bagaimana kita tetap juga mengutamakan kepentingan sesama yang menderita...
Dan menempatkan Tuhan sebagai prioritas di hidup kita...

Semoga kita yang diberi banyak kemudahan dan kebaikan...
Masih bisa menghirup udara segar, tanpa sesak hari-hari ini...

Bisa bersyukur atas karunia dan kasih-Nya.
Serta kemudian berupaya yang terbaik untuk membantu sekitar kita yang membutuhkan pertolongan.
Amin.
(-fon-)/ Fonny Jodikin

Kemudian Yesus memanggil orang banyak yang ada di situ bersama-sama dengan pengikut-pengikut-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Orang yang mau mengikuti Aku, harus melupakan kepentingannya sendiri, kemudian memikul salibnya, dan terus mengikuti Aku.
--- Markus 8:34 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

No comments: