Sunday, April 26, 2020

TODAY, 26 April 2020: Sehat Jiwa Raga Dalam Tuhan

TODAY, 26 April 2020: 

Sehat Jiwa Raga Dalam Tuhan

Beberapa minggu yang lalu, sempat ada edaran dalam bentuk video seorang anak muda di Singapura yang berjalan dalam keadaan tidak berbaju.
Saya ditanyai apakah benar ini di Singapura.
Jujurnya, saya tidak mendapatkan beritanya di sini.
Konon yang dipercaya adalah anak muda ini menderita kebangkrutan akibat COVID-19 dan jatuh stres.
Sungguh memprihatinkan dan saya pilih tidak lagi menyebarkan beritanya.
Cukup stop di saya saja.
Karena saya merasa, dia sudah cukup stres, jangan lagi kita tambah...

Ada banyak kisah juga sebetulnya...
Orang yang marah-marah tanpa alasan kepada pegawai restoran.
Ada juga yang buang-buang barang dari apartemennya yang di lantai atas ke lantai dasar.

Seolah menandakan...
Ada pergumulan juga di dalam diri, di dalam batin sehubungan dengan semi lockdown dan harus tinggal di rumah saja ini.
Belum lagi kekhawatiran akan penyebaran virus...
Juga yang menyusul namun sangat nyata, kekhawatiran tentang kondisi keuangan karena nampaknya krisis sudah mulai terlihat jelas.

Tidak mudah memang untuk tetap waras (tetap normal) di tengah seluruh kondisi yang ada.
Yang kita bisa lakukan adalah: tetap berpegang kepada Tuhan...
Tetap melakukan aktivitas yang terbaik yang kita bisa dari rumah.

(Jika kita bukanlah mereka yang 'essential' harus tetap pergi kerja)...
Melakukan hobi, kegemaran lainnya, juga menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.
Berupaya yang terbaik di tengah semua keterbatasan...
Jangan mudah menyerah, meskipun tidaklah mudah...
Tetap berjuang, tetap beriman...

Secara tulus, saya mendoakan setiap dari kita...
Agar baik-baik saja...
Sehat-sehat saja...

Sehat jiwa-raga, lahir-batin, fisik-mental, plus spiritual di dalam Tuhan.
Semoga kita semua dilimpahi rahmat-Nya!
Dan bisa mengendalikan stres maupun amarah dengan baik...

Semoga damai sejahtera menyertai kita semua.
Amin!
(-fon-)/ Fonny Jodikin

Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.
--- 3 Yohanes 1:12

No comments: