Thursday, August 24, 2023

TODAY, 24 AGUSTUS 2023

TODAY, 24 AGUSTUS 2023

*Penguasaan Diri*

*"Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan* *kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu:* *Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu* *berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."*
*---ROMA 12:3*

TIdak mudah untuk menguasai diri.
Kita terkadang terlanjur ikut-ikutan orang lain.
Atau terlalu mendewakan keinginan pribadi.
Jadi tidak lagi peduli, yang penting aku mencapai apa yang aku mau.
Soal dosa? Nanti saja baru diperhitungkan.

Banyak hal yang harus kita hadapi dengan pengendalian diri.
Posting di media sosial misalnya.
How much is too much?
Memperlihatkan seberapa banyak bagian atau episode hidup kita kepada banyak mata.
Sekarang pun banyak orang mendapatkan penghasilan dari kreasi konten.
Dan pernah saya baca, ada orang yang mengambil topik orang lain untuk dibuat konten pribadinya.
How much is too much?
Demi sejumlah uang, tidak lagi punya etika.
Sambar saja milik orang lain, yang penting aku dapat uang ekstra?

Dari hal terkecil sekalipun, mohon bimbingan dan bantuan Yang Kuasa dan tuntunan Roh Kudus-Nya untuk membantu kita dalam penguasaan diri.
Membiarkan Tuhan berkarya melalui kita.
Percaya kita akan dicukupkan dalam segala sesuatunya dan dijauhkan dari iri dengki atas berkat yang diterima orang lain.
Semoga.
Amin.
(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: