Sunday, January 29, 2017

TODAY, 30 Januari : Memerangi Kemunafikan

TODAY, 30 Januari : 

Memerangi Kemunafikan

Masih dari drama Korea 'Legend of the Blue Sea', saya tertarik dengan seorang tokoh yaitu Ibu Tiri dari Lee Min Ho. Di Drama itu, Hwang Shin-hye berperan sebagai Kang Ji-hyun (Kang Seo Hee) yang merupakan istri kedua dari papa Lee Min Ho yang merupakan konglomerat. Beliau sungguh menampakkan wanita yang penuh kasih terhadap suaminya, ternyata dia juga yang meracuni dan melukai kornea mata suaminya. Bukan hanya terhadap suami yang satu ini, melainkan mantan suami sebelumnya. Dia adalah seorang agen asuransi yang mengerti caranya untuk mendapatkan warisan dari suaminya setelah mereka meninggal. Hanya caranya: membunuh suaminya sendiri dan itu pada akhirnya tak lagi bisa ditutupi. Kejahatan itu membawanya ke penjara.

Sewaktu menonton drama, pastinya banyak komentar yang keluar...
"Ih, jahat banget!"
"Munafik banget orang kayak gitu!"
Sama seperti di pergaulan dengan sekitar kita...
Dengan mudahnya kita bilang:
" Muna tuh orang!" - muna mengacu pada kata munafik.
Mudah bilang begitu saat kita melihat orang yang sepertinya baik, alim, lugu, ternyata menyimpan hal-hal yang buruk di belakangnya.
Tidak mudah memang untuk hidup sempurna tanpa cacat cela...
Namun, mari hari ini saya mengajak kita bersama untuk meneliti diri kita sendiri.
Jangan sampai kita menunjuk orang lain munafik, tanpa kita sadari kita sendiri memendam kemunafikan dalam diri kita masing-masing.

Alkitab mengingatkan: keluarkan dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.
Semoga kita terus menyelidiki hati kita masing-masing, memerangi kemunafikan di diri, jangan langsung menghakimi orang lain...
Jangan-jangan, ya... jangan-jangan kemunafikan kita lebih tinggi dari yang kita hakimi...
Semoga tidak terjadi demikian karena secara berproses kita ingin lebih baik lagi bertumbuh di dalam iman kita kepada-Nya.
(-fon-)/Fonny Jodikin

Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.
--- Matius 7:5

No comments: