Friday, May 26, 2017

TODAY, 26 Mei: Bertanggung Jawab

TODAY, 26 Mei: 

Bertanggung Jawab

Mudah untuk berpikir bahwa ketika suatu masalah terjadi, lemparkan saja ke orang lain.
Yang salah itu: Papa saya, Mama saya, adik saya, kakak saya, nenek saya, sopir saya, anak saya, siapa saja, kecuali saya...
Saya mah selalu benar...
Hmmm, ketika itu yang terjadi setiap kali. Maukah kita sedikit meneliti lebih dalam: benarkah kita memang tak pernah salah?
Dan apakah kita tidak boleh salah? Ketika salah, apakah kita mau bertanggung jawab untuk kemudian berusaha memperbaiki diri?

Sepandai-pandainya kita mengelak, suatu saat nanti: kita harus mempertanggung jawabkan segala sesuatunya kepada Allah.
Sehebat-hebatnya kita menunjuk kesalahan orang lain dan menganggap orang lain yang seharusnya bertanggung jawab, pada akhirnya: kita tak bisa juga terus-terusan menyembunyikan kenyataan yang sebenarnya.

Salah itu manusiawi. Salah itu pasti pernah terjadi.
Ketika salah, semoga kita punya niat baik untuk minta maaf kepada sesama kita.
Dan Tuhan selalu melihat setiap hati yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik di dalam Dia.
Menjadi pribadi yang mau mengambil tanggung jawab atas perbuatan yang sudah kita lakukan.
Untuk kemudian mengurangi menunjuk dan menyalahkan orang lain di sekitar kita.
Dengan tegar mau mengakui kesalahan, bertanggung jawab atasnya, untuk kemudian berusaha untuk lebih baik lagi di masa mendatang.
Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang makin indah di mata-Nya, juga di mata sesama kita.
Amin.
(-fon-)/Fonny Jodikin

Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.
--- Roma 14:12

No comments: