Thursday, May 18, 2017

TODAY, 18 Mei: TIDAK BISA?

TODAY, 18 Mei: 

TIDAK BISA?

Dari kecil sampai kuliah dan bekerja, saya hampir tidak pernah turun ke dapur. Berbagai alasan saya kemukakan semisal: tidak suka memasak, memasak itu merepotkan, masa' anak kos harus masak? Sisanya mau kasih ke siapa? Dan sebagainya, dan seterusnya...
Setelah saya lakukan kilas balik, itu semua adalah memang alasan-alasan yang seolah logis yang pernah saya buat, namun untuk menunjukkan bahwa: saya tidak mau mencoba memasak.
Yang lebih TOP lagi, ketika saya bilang: " Saya gak bisa masak."
Ya, kata TIDAK BISA itu membuat saya merasa nyaman, aman, tanpa perlu melakukan usaha sama sekali.

Tetapi hidup dan perjalanannya membawa saya kepada pengalaman bahwa memasak itu sesungguhnya adalah 'life skill' yang dibutuhkan dalam hidup ini. Banyak orang bahkan mampu menjual hasil dapurnya: entah itu masakan atau kue-kue dan berhasil pula hidup dengan baik. Terutama saat punya anak, saya merasa sangat perlu ketrampilan memasak ini. Dan akhirnya, di usia yang tidak belia, masuk dapur juga dan menemukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil di sana.

Sering kita pakai kalimat, " Saya tidak bisa."
Dan itu sebetulnya tidak sesuai dengan ayat Alkitab kegemaran saya ini dari Filipi 4:13 berikut ini:
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia   yang memberi kekuatan kepadaku.
(I can do all things through Christ who strengthens me)

Segala hal itu mungkin dan bisa dilakukan. Masalahnya: apakah kita mau terbuka, mau belajar? Dan juga membiarkan Allah memperlengkapi hidup kita dengan ketrampilan-ketrampilan baru untuk penggenapan rencana-Nya di hidup kita?
Semoga kata TIDAK BISA perlahan-lahan mulai kita gantikan dengan, " SAYA MAU BERUSAHA DAN BELAJAR."
Semoga demikian adanya.
Amin.
(-fon-)/Fonny Jodikin

Dengan kuasa yang diberikan Kristus kepada saya, saya mempunyai kekuatan untuk menghadapi segala rupa keadaan.
--- Filipi 4:13 (BIS)

No comments: