Wednesday, June 1, 2016

TODAY, 02 Juni 2016 : Melakukan Kehendak Allah

Melakukan Kehendak Allah

Sering kita menjadi bingung ketika melihat mereka yang terlihat baik, sempurna di mata manusiawi kita, ternyata kemudian bukanlah sebaik yang kita kira.
Mungkin kita pernah mengalami kekecewaan pula di bidang Spiritual, saat orang yang kita kira mampu menebarkan kasih Tuhan dan menjadi saluran-Nya di dunia ini, ternyata adalah orang yang sungguh berbeda dengan apa yang dia tampilkan di kegiatan kerohanian yang dia ikuti.

Ada baiknya pula, kita pun melihat diri kita masing-masing.
Sebelum kita menuduh atau menunjuk orang lain, mari bertanya pada diri: apakah kita adalah orang yang pada Matius 7:21 ini yang selalu berseru Tuhan, Tuhan?
Apakah kita juga melakukan kehendak Bapa?
Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul: apakah kehendak Bapa? Bagaimana kita mengetahuinya?

Dengan perantaraan doa "kita dapat mengetahui ... manakah kehendak Allah" (Rm 12:2) Bdk. Ef 5:17., dan "memperoleh ketekunan" untuk "melakukannya" (Ibr 10:36). Yesus mengajarkan kita bahwa bukan setiap orang yang memakai banyak kata akan masuk ke dalam Kerajaan surga, "melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga" (Mat 7:21). --- Katekismus Gereja Katolik (KGK) no. 2826

Hukum yang terutama tentunya Hukum Kasih - mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan kita, juga mengasihi sesama seperti diri sendiri. 
Mari memohon dengan perantaraan doa melalui tuntunan Roh Kudus-Nya agar kita senantiasa dibimbing melalui kemurnian hati nurani kita untuk mengetahui mana yang merupakan kehendak Allah dan yang berkenan kepada-Nya.

Kata-kata mungkin penting, namun tidaklah sepenting kesaksian hidup yang kita berikan kepada dunia.
Ketika bermasyarakat, orang tak tahu apa agama kita pada saat kita berjumpa, namun cepat atau lambat-mereka bisa melihat kehidupan semacam apa yang kita jalani.
Dan rasanya itu lebih dari cukup.

Tetap memberikan yang terbaik di dalam setiap perkataan, pikiran dan tindakan kita.
Semoga kita berusaha sekuat tenaga untuk melakukan kehendak-Nya.
(-fon-)


Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
--- Matius 7:21

No comments: