Saturday, October 31, 2020

TODAY, 31 Oktober 2020: Lucifer-The Sin of Pride

 

TODAY, 31 Oktober 2020:

 

Lucifer-The Sin of Pride

 

Ada sebuah serial di Netflix berjudul : Lucifer.

Mengisahkan bahwa Lucifer tengah ‘cuti’, lalu turun ke bumi.

Di dunia namanya menjadi Lucifer Morningstar.

Tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat dan melakukan banyak hal di dunia, termasuk membantu seorang detektif dalam menyelesaikan kasus kepolisian.

Menarik juga kisah dan sudut pandang yang diambil penulis skenarionya.

Bersumber dari DC Comic Characters, serial ini sudah ada 5 season dan akan tamat di season-nya yang ke-6.

Ini hanya sebuah karya perfilman, yang tentunya berbeda dengan apa yang bisa kita dapati dalam Alkitab.

 

Lalu saya berselancar di Internet, mendapati di situs Katolisitas sebagai berikut:

Pada kisah Penciptaan, dituliskan sebagai berikut: “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi” (Kej 1:1). Dalam bahasa Inggris (terjemahan dari Latin sebenarnya adalah, “In the beginning God created heaven, and earth.” (Gen 1:1). Maka “heaven”/ surga di sini termasuk segala penghuni surga, yaitu para malaikat. Sebagian dari para malaikat ini kemudian menolak Tuhan, yang dipelopori oleh Lucifer. Kita dapat melihat kisah penolakan ini di dalam Yes 14: 12-15

 

"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar , engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! 14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan,  jauh di sebelah utara. 14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan,  hendak menyamai Yang Mahatinggi! 14:15 Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati  engkau diturunkan,   ke tempat yang paling dalam  di liang kubur.

--- Yesaya 14:12-15

 

Walaupun pada perumpamaan ini Nabi Yesaya menggunakan ekspresi Lucifer  (diterjemahkan sebagai Bintang Timur) untuk menggambarkan Raja Babilonia, namun para Bapa Gereja mengajarkan ayat ini juga untuk menjelaskan pemberontakan sejumlah malaikat terhadap Tuhan, yang dipimpin oleh Lucifer.

Maka dosa yang terbesar Lucifer adalah hasrat untuk menjadi tidak tergantung pada Allah dan ingin menjadi setara dengan Allah. Sehingga menurut St. Thomas Aquinas dosa pertama dari Iblis ini adalah kesombongan (the sin of pride). (Sumber: Katolisitas).

 

Mengulang kembali hal yang menarik: dosa terbesar Lucifer di dalam Alkitab adalah 1. Hasrat untuk tidak tergantung pada Allah.

2. Juga ingin setara dengan Allah.

 

Keduanya merupakan dosa pertama dari Iblis yaitu the sin of pride (dosa kesombongan).

Semoga kita senantiasa ingat, jangan sampai kita memiliki hasrat untuk setara dengan Allah.

Karena kita hanyalah ciptaan-Nya, yang diberi banyak kemurahan dan kebaikan….

Hanya karena kasih-Nya.

 

Jauhkan kami dari segala bentuk kesombongan diri, Tuhan.

Bimbinglah kami untuk itu.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

 

 

 

 

No comments: