Monday, December 30, 2019

TODAY, 30 Desember 2019: Jangan Menyia-nyiakan Kebaikan Hati Allah

TODAY, 30 Desember 2019: 

Jangan Menyia-nyiakan Kebaikan Hati Allah

Dari halaman Facebook seorang teman, saya membaca judulnya :
Pope’s Christmas message: 
Do good even if others are not good to you

Pesan Natal Bapa Paus:
Berbuat baiklah meskipun kepada mereka yang tidak berbuat baik kepadamu.

Saya diam.
Berpikir.
Secara manusiawi, ini sulit.
Maunya sih, balasss...
Semacam film Kungfu yang balas dendam tiada akhir.
Murid membalas dendam karena Si Musuh membunuh gurunya.
Tapi, balas-membalas mau sampai kapan?
Sepertinya tidak akan ada habisnya.

Tetapi banyak contoh juga: pengampunan yang luar biasa.
Dari Paus Yohanes Paulus II yang mengampuni penembaknya.
Dan keluarga Katolik di Indonesia yang mengampuni pembunuh anak tunggal mereka.
Yang secara manusiawi sangat tidak mungkin.
Sangat menyesakkan dada.
Mungkin banyak yang berpikir, jika berada di kejadian itu tidak mungkin sanggup...
Hukum tetap berlaku, Si Pelaku tetap harus menerima hukuman.
Tetapi pengampunan adalah urusan yang berbeda.
Saya sangat yakin, mereka semua dimampukan untuk mengampuni...
Karena kebaikan hati Allah.
Karena kasih-Nya...
Karena dendam takkan bisa berkesudahan kecuali kita yang menghentikannya.
Dan itu hanya bisa terjadi karena kebaikan-Nya.

Penghujung tahun.
Waktunya berpikir dan merenungkan kembali.
Apakah mau berusaha berbuat baik bahkan kepada mereka yang tidak baik pada saya?
Apakah saya mau mengampuni mereka?
Apakah saya juga mau minta maaf atas kesalahan yang sudah saya buat kepada pihak lainnya?
Jangan menyia-nyiakan waktu dengan dengan dendam kesumat dan kebencian yang hanya akan menyakiti diri sendiri.
Jangan menyia-nyiakan kebaikan hati Allah.
Tuhan sanggup membantu kita melewati ini semua.
Pertanyaannya: maukah kita menyerahkan segala kemarahan, kekesalan, dan kepahitan di diri?
Pilihannya ada di tangan kita.
Semoga kita memilih dengan bijaksana.
(-fon-)/ Fonny Jodikin

Karena kami bekerja bersama-sama dengan Allah, maka kami mohon dengan sangat janganlah kalian menyia-nyiakan kebaikan hati Allah itu.
--- 2 Korintus 6:1 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

No comments: