Friday, September 27, 2019

TODAY, 27 September 2019: Bandel


TODAY, 27 September 2019: 

Bandel

Walaupun 'labeling' tidak pernah dibenarkan...
Tetapi ada kalanya, orang tua menyebut anaknya 'bandel', saat tak lagi mau dengar kata mereka.

Apa yang mereka sarankan, dianggap salah.
Karena anak muda itu mau ikut jalannya sendiri.
Tidak mau taat kepada orang tuanya.
Karena dipikir dia cukup pintar untuk mengambil keputusan.
Apalagi ini sehubungan dengan dirinya sendiri.
Sementara sebagai orang tua berpikir, bahwa karena lebih berpengalaman dalam hidup...
Mereka pun punya preferensi pilihan.
Biasanya ini menjadi permasalahan...
Dan kalau tidak diselesaikan dengan baik...
Bisa jadi cekcok yang lumayan mengganggu hubungan di dalam keluarga.

'Parenting' atau bagaimana hendaknya kita mengasuh anak...
Selalu sedikit banyak menjadi acuan bagi saya pribadi.
Meskipun tidak 100% sama...
Tetapi ini menjadi bahan refleksi bagi saya pribadi.
Menjadi anak semacam apa saya bagi Allah?
Apakah saya hamba-Nya yang tidak mau mendengar kata-kata-Nya...?

Enggan mendengar suara-Nya?
Tidak mau taat terhadap firman-Nya???

Mungkin Tuhan selalu mengingatkan kita dengan rajin...
Tak jemu-jemu ia berbicara...
Tetapi kita dengan angkuhnya membangun sebuah dinding...

Menempatkan Tuhan di satu sudut...
Biar DIA tidak bisa melewati dinding keangkuhan yang kita bangun.
Kita menjadi anak-anak yang 'bandel' dan seperti biasa:
penyesalan akan datang terlambat...
Sesudah semuanya berlalu...
Sesudah kejadian demi kejadian terlewati...
Baru merasa, baru tahu...
Ah, seandainya saya mendengar suara-Nya...
Mengucapkan 'Ya' pada rencana-Nya...
Mungkin keadaan tidak seperti ini...

Ampuni kami ketika kami 'bandel' dan kurang taat pada-Mu, Tuhan...
Semoga mulai saat ini, kami bisa lebih membuka diri dan lebih taat...
Untuk masuk ke rancangan keselamatan-Mu.
Amin.
(-fon-)

Aku telah berbicara kepadamu selagi engkau sentosa, tetapi engkau berkata: "Aku tidak mau mendengarkan!" Itulah tingkah langkahmu dari sejak masa mudamu, sebab engkau tidak mau mendengarkan  suara-Ku! 
--- Yeremia 22:21

Aku telah berbicara kepadamu ketika keadaanmu baik, tapi kamu tak mau mendengarkan. Memang begitulah tingkah lakumu dari dulu sampai sekarang; tak pernah kamu mau taat kepada-Ku.
--- Yeremia 22:21 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

No comments: