Sunday, April 17, 2016

TODAY, 17 April : Ecclesia Domestica

Ecclesia Domestica

Dewasa ini, di suatu dunia yang sering kali berada jauh dari iman atau malahan bermusuhan, keluarga-keluarga Kristen itu sangat penting sebagai pusat suatu iman yang hidup dan meyakinkan. Karena itu Konsili Vatikan II menamakan keluarga menurut sebuah ungkapan tua "Ecclesia domestica" [Gereja-rumah tangga] (LG 11).  Dalam pangkuan keluarga "hendaknya orang-tua dengan perkataan maupun teladan menjadi pewarta iman pertama bagi anak-anak mereka; orang-tua wajib memelihara panggilan mereka masing-masing, secara istimewa panggilan rohani" (LG 11,2) - (KGK 1656)

Prihatinkah kita dengan dunia yang kita tinggali saat ini?
Seolah yang menjadi tren dan hebat di dunia ini, sangat jauh dari iman bahkan bertolak-belakang dari apa yang kita yakini...
Gereja sudah terlebih dahulu menyadari hal ini, Konsili Vatikan II sudah menamakan keluarga sebagai Ecclesia Domestica (Gereja-Rumah Tangga).

Betapa pentingnya peranan orangtua, baik dari perkataan maupun teladan untuk menjadi pewarta iman pertama bagi anak-anak mereka.
Mungkin sebagai orangtua, beberapa dari kita merasa tidak sempurna secara iman.
Namun, itu bukan berarti kita tidak memberikan contoh atau teladan kepada anak-anak kita.
Sebanyak apa pun kita bicara, teladan agaknya tetap akan tetap dilihat sekitar kita, terutama anak-anak titipan-Nya.
Semoga kita berusaha untuk terus mewujudkan suatu kondisi yang baik di keluarga kita.
Sehingga Ecclesia Domestica ini bisa berlangsung baik dan diteruskan oleh generasi selanjutnya.
(-fon-)

Hai anakku,  janganlah engkau menolak didikan  TUHAN , dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.3:12 Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya,  seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi. 
--- Amsal 3:11-12

No comments: