Wednesday, September 7, 2022

TODAY, 7 September 2022 Yeremia Dipanggil Dan Diutus

 TODAY, 7 September 2022

 

Yeremia Dipanggil Dan Diutus

 

Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: 1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim  ibumu, Aku telah mengenal  engkau, dan sebelum engkau keluar  dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. "1:6 Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda. 1:7 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. 1:8 Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau  untuk melepaskan  engkau, demikianlah firman TUHAN.

--- Yeremia 1:4-8

 

Perikop ini berjudul Yeremia dipanggil dan diutus.

Bagian awal menceritakan bahwa sebelum Tuhan membentuk Yeremia dalam rahim ibunya….

DIA telah mengenal Yeremia.

Dan bahwa sudah ditetapkan-Nya menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.

Jadi, memang semua sudah dalam perencanaan-Nya.

 

Lalu….

Yeremia menjawab bahwa dia tidak pandai berbicara.

Juga dia masih terlalu muda.

Lalu Tuhan menguatkannya….

Bahwa Tuhan akan selalu menyertai.

 

Setiap tugas perutusan yang direncanakan-Nya bagi kita semua….

Punya cerita tersendiri.

Terkadang sebagian dari kita tidak siap.

Mungkin merasa terlalu muda.

Mungkin merasa terlalu tua.

Tapi, sejumlah kisah yang kita dengar atau baca menguatkan kita semua.

Bahwa waktu Tuhan pasti yang terbaik.

Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat.

Seturut kehendak-Nya akan terjadi!

Dan itu sudah DIA jadwalkan jauh sebelumnya.

 

Semoga kita tetap ingat perikop ini.

Dan berupaya yang terbaik menyelesaikan pertandingan kehidupan kita.

Karena memang, kita semua berpacu dengan waktu.

Yang kita tak pernah tahu.

Tapi, Tuhan tahu dan sanggup membimbing kita.

Semoga kita tetap setia menjalankan panggilan kita.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: