Wednesday, May 19, 2021

TODAY, 19 Mei 2021: Jangan Meremehkan Ajaran Orang Tua

 

Jangan Meremehkan Ajaran Orang Tua

 

Hai anak-anak, dengarkanlah nasihat ayahmu! Perhatikanlah itu, maka engkau akan menjadi arif. Yang kuajarkan kepadamu ini baik, sebab itu janganlah kau meremehkannya.

--- Amsal 4:1-2 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Di ayat Amsal 4 ini, kita diingatkan untuk tidak meremehkan ajaran orang tua kita.

Meskipun, kita pernah membaca bahwa ada beberapa kasus pengecualian bahwa orang tua memperlakukan anaknya dengan sangat buruk….

Tetapi, pada umumnya: orang tua tentunya ingin yang terbaik bagi anak-anaknya.

 

Sesudah menjadi seorang Ibu, barulah saya ketahui bahwa memang tidak mudah untuk selalu menjadi orang tua yang bijaksana.

Ada kalanya, di tengah segala keterbatasan saya pribadi, tidak selalu bisa.

Dengan rendah hati, aku mengakui kelemahan ini.
Tetapi, itu bukan halangan untuk terus berusaha.

Mohon rahmat dan kebaikan Tuhan untuk menyertai kita, di dalam perjalanan sebagai ayah atau ibu yang dipercayakan kepada kita.

Aku sadar, aku tidak bisa jalan sendiri.

 

Dan sebagai anak….

Himbauan Amsal ini agaknya benar adanya.

Dengarkanlah nasihat ayah (dan ibumu)!

Perhatikanlah!

Maka engkau akan menjadi arif.

Jangan meremehkan ajaran ayah dan ibu kita.

Karena terkadang, sesudah menjadi orang tua, saya semakin sadar bahwa ini benar adanya.

Ajaran untuk bekerja keras, tidak mudah menyerah, bersyukur atas apa yang ada….

Rasanya takkan lekang oleh waktu.

Apa pun keadaan kita, tetap berpegang kepada hal-hal baik yang diwariskan oleh orang tua kita.

Dan tentunya berpegang kepada Allah dan firman-Nya.

Juga kebenaran-Nya.

Itu yang terutama.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: