Wednesday, March 31, 2021

TODAY, 31 Maret 2021: SURELY NOT I, LORD? (Bukan Aku, ya Tuhan?)

 

TODAY, 31 Maret 2021:

 

SURELY NOT I, LORD?

(Bukan Aku, ya Tuhan?)

 

Karena tidak mendapat jadwal Misa di Paroki pada Tri Hari Suci, semalam saya mencoba masuk ke website untuk booking slot misa.

Dan puji Tuhan, saya mendapat satu kursi di Misa harian hari ini.

 

Bacaan dan homili Pastor, cukup mengena dan menghentakkan saya pribadi.

Yudas, yang hendak menyerahkan Dia  itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi? " Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."

--- Matius 26:25-26

 

Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus, dengan entengnya berkata:

“Bukan aku, ya Rabi?

Adakah kita mengelak seperti itu juga?
Adakah saat kita pernah ‘mengkhianati’ Yesus dengan skala pelanggaran kita masing-masing, kita lalu tidak mau mengakuinya?

“Bukan saya, Tuhan!”
Tapi kelakuan saya tidak mencerminkan ucapan saya.

Adakah menjelang Tri Hari Suci ini, sikap-sikap saya lebih baik dari sebelumnya?
Lebih diperbaharui sebagai ‘manusia baru’ di dalam Kristus?

Adakah pantang, puasa, dan pengakuan dosa sepanjang masa-masa ini menjadikan saya lebih dekat kepada Tuhan?


Sering kita bilang dan mengaku bahwa diri kita manusia rohani.

Padahal, terkadang kehadiran kita di Misa ataupun kita berdoa dengan tuntutan yang memaksa Tuhan agar dipenuhi oleh-Nya.

Pastor hari ini mengingatkan: apakah aku mau mengikut Tuhan dan mendengarkan DIA?

Apa doa dan kegiatan kerohanianku sudah benar dan makin mendekatkan diriku kepada Allah?

Ataukah itu semua hanya semacam ‘pencitraan’ untuk terlihat baik di hadapan sesama, semantara isi doa-doaku hanyalah merongrong Tuhan dan minta keinginanku dikabulkan seketika?

 

Berat, ya teman!

Tapi bukan berarti kita harus berhenti berusaha lebih baik.

Mengikut Yesus dengan lebih baik lagi.

Dengan lebih tulus hati.

Terus belajar untuk jadi pengikut-Nya yang sejati.

Saya masih belajar.

Dan akan terus belajar.

Yuk, kita sama-sama saling mendoakan.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: