Saturday, December 26, 2020

TODAY, 26 Desember 2020: SEUCAP TULUS TERIMA KASIH

 

TODAY, 26 Desember 2020:

 

SEUCAP TULUS TERIMA KASIH

 

Semua yang kalian lakukan, lakukanlah dengan kasih.

--- 1 Korintus 16:14 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Hari ini pada sebuah foodcourt.

Percakapan terjadi dalam Bahasa Mandarin sederhana, yang saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Makanan saya sudah selesai.

Seorang ‘Auntie’ yang cukup berumur menolong saya mengambil mangkok dan mulai membersihkan bagian meja.

Dia berucap : “Xie xie.”

Saya menjawab bahwa seharusnya saya yang mengucapkan terima kasih, bukan beliau.

Tetapi beliau menjawab lagi: “ Ini bagian dari sopan-santun. Tidak ada salahnya berucap terima kasih.”

Lalu dia mengulanginya kembali:
“Xie xie.”

 

Saya terdiam.

Betapa seharusnya saya yang bilang terima kasih.

Dan biasanya selalu saya lakukan atau setidaknya saya usahakan.

Tetapi kali ini, seorang yang membantu saya membersihkan meja, malah yang berucap terima kasih.

Dia melakukan pekerjaannya dengan kasih.
Sehingga tanpa beban, ucapan itu keluar dari mulutnya.

Terima kasih, setulus hati.

 

Hari ini saya belajar.

Untuk melakukan tugas keseharian saya dan memperlakukan orang di sekitar saya dengan lebih baik lagi.

Seucap tulus TERIMA KASIH, bisa memberikan perbedaan.

Semoga kita yang sudah menerima kasih-Nya, terus menjadi saluran kasih itu melalui perbuatan kita.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: