Tuesday, March 28, 2017

TODAY, 29 Maret : Sok Tahu

TODAY, 29 Maret : 

Sok Tahu

Elu borju jangan blagu, lagak lu tu sok tau...
(Lirik lagu rap dari group hip hop Indonesia NEO di tahun 90-an berjudul Borju)

Bagi yang dekat dengan lagu-lagu angkatan 90-an, pasti mengetahui lagu rap yang cukup terkenal di zaman itu.
Semalam lagu ini kembali hadir di pikiranku. 

Beberapa episode kembali, saat berhadapan dengan orang-orang yang 'sok tau' atas kehidupanku...
Mengesalkan, sekaligus menyebalkan bagi yang mengalaminya...
Namun akhirnya berpegang pada apa yang kuyakini dan kujalani...
Pertanggung-jawaban hidupku bukanlah kepada mereka...
Mereka tak pernah tahu apa yang kujalani dan kuhadapi...
Tak lebih kepada komentar-komentar yang terkadang tak perlu ditanggapi...
Aku belajar untuk lebih kalem dalam hal ini...

Ada beberapa episode di mana aku yang berlagak sok tau...
Seolah mengerti akan segala sesuatunya...
Juga terkadang menghakimi sekitarku, padahal ketika dihakimi tak pernah enak rasanya...
Ah, aku cuma manusia biasa...
Takkan bisa mengerti segalanya secara sempurna...

Aku tak hendak bermegah dalam kesombonganku...
Jauhkanlah segala sikap sok tahu dari hidupku...
Karena hanya Engkaulah Allah Maha Tahu... 
Teringatku akan lagu indah ini:

Engkau Tuhan Allah Maha Tahu
Betapa dahsyatnya kuasa-Mu
HadiratMu kini penuhiku
Bawaku mendekat pada-Mu 

(Reff lagu Engkau Tuhan Allah Maha Tahu)


Ya, hanya Tuhan yang Mahatahu...
Ampuni kami atas segala sikap sok tahu...
Juga ajar kami belajar mengampuni mereka yang 'sok tahu' di dalam hidup kami...
Kembali bersandar kepada-Mu, ya Tuhan...
Sebab Engkaulah Sang Maha segalanya di hidup kami.
(-fon-)/Fonny Jodikin

TUHAN, Engkau menyelidiki  dan mengenal  aku ;139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku  dari jauh.139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan  dan berbaring, segala jalanku  Kaumaklumi. 139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya  telah Kauketahui, ya TUHAN. 
--- Mazmur 139:4

No comments: