Thursday, January 22, 2015

TODAY, 23 Januari - Saling Mengasihi

Saling Mengasihi
We think sometimes that poverty is only being hungry, naked and homeless. The poverty of being unwanted, unloved and uncared for is the greatest poverty. We must start in our own homes to remedy this kind of poverty. (Mother Teresa).
Terkadang pikiran kita terbatas pada arti kemiskinan. Hanya berupa segala sesuatu yang berwujud materi, tanpa melihat lebih jauh bahwa kemiskinan yang lebih parah ternyata ada.
Bunda Teresa mengingatkan bahwa kemiskinan itu pun termasuk di dalamnya perasaan tidak diinginkan, tidak dikasihi, dan tidak dipedulikan. Malah hal-hal ini merupakan jenis kemiskinan yang lebih serius. Hendaknya kita memulai dari rumah kita sendiri untuk mengobati kemiskinan ini.
Mari menelaah sikap kita lebih dalam lagi. Bagaimana sikap kita terhadap keluarga kita, terhadap anak-anak kita? Mungkin sementara kebutuhan primer belum terpenuhi, kita berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya. Namun, jangan sampai pula kita melupakan bahwa kasih dan kehadiran adalah hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada yang terkasih di sekitar kita.
Hanya kasih Allah yang memampukan kita mengasihi sesama, terutama orang-orang terdekat kita. Mungkin kita sendiri penuh luka, namun bukan berarti kita mau terus terluka, bukan?
Semoga kasih-Nya membalut luka kita, menyambung kembali 'the broken pieces' di dalam diri kita menjadi sesuatu yang baru dan utuh karena Dia mengasihi kita.
Dan semoga kasih itu mampu kita sebarkan kepada mereka yang terkasih di sekeliling kita. 
(-fon-)
Saudara-saudaraku  yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita,  maka haruslah kita juga saling mengasihi.
--- 1 Yohanes 4:111 

No comments: