Sunday, August 25, 2024

Weekly Thoughts ke-34 25 Agustus 2024

 

Weekly Thoughts ke-34

25 Agustus 2024


Hal Pengampunan

 

Rabu, 21 Agustus 2024

Masih ada waktu.

Seusai kerja, kulihat jam tanganku.

Masih bisa ke Cathedral of The Good Shepherd di Kawasan Cityhall.

Bergegas aku ambil arah yang biasa.

Aku ke arah Plaza Singapura dan lanjut naik bus ke Gereja.

Hanya 2 stop saja dari Plaza Singapura, mudah mencapai Gereja.

 

Bukan satu dua kali aku ke sini.

Lumayan sering, karena jam Misa makan siangnya paling akhir di antara semuanya.

Misa dimulai jam 1.15 siang.

Di depan Gereja, mataku tertuju pada tulisan ini:

“Jesus said, ‘Father, forgive them, they do not know what they are doing’:

--- Luke 23:34

 

His executioners expected Jesus to cry and curse like all those who had been crucified before Him. Instead, he cried out for the Father to forgive whose who were executing and mocking Him.

 

Do I forgive those who have hurt and harmed me?

 

Yesus berkata: "Ya Bapa,  ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.

--- Lukas 23:34

 

Orang yang mengeksekusi Yesus berharap agar Yesus menangis dan memaki seperti semua orang yang sudah disalibkan sebelum DIA. Namun Yesus malah berteriak kepada Bapa untuk mengampuni mereka yang sudah mengeksekusi dan mengolok-olok DIA.

 

Apakah aku mengampuni mereka yang sudah melukai dan menyakiti aku?

 

Aku diam.

Sulit menjawab hal ini.

Karena pengampunan adalah soal proses, yang tidak selalu langsung bisa terjadi.

Tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Aku tidak bisa bilang 100% sempurna akan kemampuan mengampuni orang lain.

Karena aku sadar, masih jauh dari itu.

Dan Yesus sebagai teladan, sungguh Allah-sungguh manusia.

Hanya DIA yang bisa lakukan secara sempurna.

 

Aku masuk ke Gereja dan mulai Misa.

Pertanyaan itu masih mengusik hati.

Apakah aku mengampuni?

Aku mau mencoba lagi.

Semoga Tuhan memberikan kekuatan atas niatan hatiku ini.

Tuhan tolonglah kami, umat-Mu.

Amin.
(-fon-)/Fonny Jodikin

 

No comments: