Thursday, July 28, 2022

TODAY, 27 Juli 2022 Aku Diajar Oleh Ayahku

 TODAY, 27 Juli 2022

 

Aku Diajar Oleh Ayahku

 

aku diajar oleh ayahku. Ia berkata, "Ingatlah akan nasihat-nasihatku, janganlah sekali-kali kau melupakannya. Jalankanlah petunjuk-petunjukku, supaya hidupmu bahagia…

--- Amsal 4:4 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Waktu Papa saya masih hidup….

Banyak petuah dan nasihat yang disampaikannya kepadaku.

Ada kalanya saya menerima.

Kali lainnya, saya pikir Papa terlalu banyak mengulang-ulang hal yang sama.

Tetapi, siapa kira….

Sesudah Papa meninggal….

Nasihat itu malah cukup melekat di hatiku.

 

Sekarang, sebagai Mama bagi anak-anakku….

Tanpa sadar: saya pun mengulang-ulang hal yang sama.

Saya lalu teringat pengalaman dulu.
Saya menganggap nasihat Papa membosankan.

Namun ternyata berguna bagi kehidupan.

 

Tidak selalu yang baik itu menyenangkan.

Tapi aku senang karena aku diajar oleh ayahku.

Dalam ketidaksempurnaannya sebagai pribadi….

Sama seperti saya yang juga tidak sempurna…

Papa masih berupaya mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang dianutnya.

Yang dianggapnya baik bagi kehidupanku.

 

Tiga puluh tahun berselang sejak meninggalnya Papa di tahun 1992.

Saya bersyukur pernah jadi anaknya.

Terima kasih, Tuhan.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

 

 

No comments: