Wednesday, February 24, 2021

TODAY, 24 Februari 2021: Saat Berpuasa….

 

TODAY, 24 Februari 2021:

 

Saat Berpuasa….

 

Sementara berpuasa, kamu berbantah dan berkelahi dan bertindak dengan kekerasan. Sangkamu cara kamu berpuasa menggerakkan Aku untuk mendengarkan doa-doamu?

--- Yesaya 58:4 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Sementara kamu berpuasa, kamu berbantah dan berkelahi

Dan bertindak dengan kekerasan.

Sangkamu: cara kamu berpuasa menggerakkan Aku untuk mendengarkan doa-doamu?

 

Tiba-tiba saja, kalimat-kalimat itu seolah menggema.

Apalagi kita, umat Katolik yang sedang berpuasa dan pantang selama Masa Prapaskah ini.

Apakah tindakan saya mencerminkan saya yang berpuasa?

Atau: saya masih seperti yang dulu???

Yang memiliki kemarahan yang tersimpan….

Dendam yang tak berkesudahan.

Sakit hati yang belum selesai?

 

Mungkin memang tidak mudah.
Saat berhadapan dengan orang yang menyakiti kita langsung.

Belum tentu kita sanggup.
Dan: dengan kelemahan manusiawi kita.

Kita senantiasa jatuh lagi ke dalam dosa dan tak jarang dosa yang diulang.

Lagi dan lagi.

 

Masa Prapaskah ini, mari kita teliti lagi sikap kita.

Hati kita.

Akankah cara berpuasa kita menggerakkan DIA untuk mendengar doa-doa kita?

Semoga kita secara berproses berjalan ke arah-Nya.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

No comments: