Thursday, January 5, 2023

TODAY, 5 Januari 2023 Pamer Rohani

 TODAY, 5 Januari 2023

 

Pamer Rohani

 

"Kalau kalian berdoa, janganlah seperti orang-orang yang suka berpura-pura. Mereka suka berdoa sambil berdiri di rumah ibadat dan di simpang jalan supaya dilihat orang. Ingatlah, itulah upah yang mereka sudah terima.

--- Matius 6:5 (BIS/Bahasa Indonesia Sehari-hari)

 

Ayat ini mengingatkan saya untuk tidak pamer rohani.

Juga mengingatkan saya….

Boleh-boleh saja mengingatkan orang lain untuk berdoa….

Tetapi, berapa banyak doa orang tersebut, kita tak pernah tahu.

Jangan-jangan doa orang itu lebih banyak dari doa kita.

Doa sesungguhnya adalah hubungan pribadi kita dengan Tuhan.

Tidak seharusnya juga diumbar.

 

Mungkin yang lebih baik adalah membantu mendoakan pihak terkait.

Daripada menyuruh atau memaksa mereka ikut jalan yang sudah kita lalui.

Permasalahan orang beda-beda.

Yang paling tahu?

Ya, yang menjalaninya.

Ada baiknya kita tidak sok tahu.

Doakan saja.

Mungkin itu lebih baik, daripada menyuruh-nyuruh dia melakukan yang kita sudah lakukan.

 

Yang terpenting bagi saya pribadi adalah bagaimana hidup saya di mata Tuhan.

Terus belajar, karena masih jauh dari sempurna.

Dan mengurangi menghakimi….

Bahwa Si A, Si B, doanya kurang banyak ketimbang saya.

Waduh! Saya tidak berani….

Karena itu sudah menganggp diri saya lebih baik dari dia.

Dan adanya kesombongan dan pamer rohani di sana.

 

Semoga kita terus menjadi pribadi yang rendah hati.

Yang sadar dari mana ini semua berasal.

Kalau bukan dari Tuhan.

Semoga demikian.

Amin.

(-fon-)/Fonny Jodikin

 

 

No comments: